Sabtu, 19 Juli 2014

Catatan Perjalanan Menonton Theater JKT48

"terkadang apa yang direncanakan dengan kurang persiapan malah bisa terlaksana dengan cukup baik" #hikmah

Mungkin inilah pelajaran yang dapat dipetik dalam perjalanan menonton theater JKT48 untuk pertama kalinya. Semuanya serba dadakan.

Sebenarnya saya selama ini hanya menjadi pengamat idol grup JKT48. Ya, hanya sekedar tahu, kalo bisa dibilang fans sih, saya hanya fans layar kaca, hanya mengamati dari jejaring sosial dan internet.

Pada Bulan November 2013 kebetulan adik saya yang kuliah di Jogja lagi menjalani UTS, nah karena jadwal ujiannya ada jeda hingga 6 hari, jadi ia bosan katanya (mungkin dia bosan belajar), jadi disela-sela UTS tersebut, ia main-main (liburan) ke kosan saya di Bogor. Mendadak juga dia memberi tahu. Namun, saya tetap menerimanya untuk datang ke Bogor karena memang jadwal saya yang relatif bisa diatur dan fleksibel karena sudah tidak ada jadwal kuliah, hanya tinggal menyelesaikan skripsi. 

Dari jadwal kosong 6 hari tersebut, dia hanya di Bogor sekitar 4 hari. Agak bingung juga sebenarnya mau diisi dengan kegiatan apa selama di Bogor. Tiba-tiba tercetus dalam pikiran saya untuk nonton theater JKT48, apalagi kami sama-sama belum pernah, saya tahu adik saya saat itu bukan fans JKT48, tapi syukurnya dia mau diajak kesana, ya sudah akhirnya kita putuskan salah satu kegiatannya di Bogor adalah nonton theater JKT48 bareng saya.

Karena baru pertama kali, agak bingung juga sih sebenarnya, kami banyak mencari info-info melalui internet, googling.

Pertama, sign up dulu di website JKT48 agar bisa memesan tiket nonton theater mereka. Setelah berhasil daftar, lalu menentukan jadwal menontonnya, kami pilih jadwal theater hari Sabtu 9 Nov Show 1 jam 14.00 WIB. Kebetulan saat show tersebut yang tampil adalah Tim K dari Gen 2.

Satu hari sebelum show, kami mendapatkan email verifikasi untuk menonton theater JKT48 dari pihak JOT (JKT48 Operation Team).

Maka, hari Sabtu berangkatlah kami berdua menuju theater JKT48 di Plaza FX Sudirman Jakarta dengan naik Commuter Line dari Bogor, turun di Stasiun Cawang, lalu lanjut naik Busway, sempat transit di Semanggi sebelum melanjutkan perjalanan ke Senayan, tempat dimana mall FX berada.

Nah, kami sampai di Mall FX sekitar jam 11.45 WIB. Saat itu antrian penukaran tiket sudah ramai. Namun karena sudah masuk waktu dzuhur, kami memutuskan untuk sholat terlebih dahulu.

Selesai sholat, kami mengantri untuk mendapatkan tiket nonton theater. Caranya mendapatkannya cukup dengan menunjukkan email verifikasi yang kita dapatkan sebelumnya (bisa ditunjukkan melalui handphone),ID Card (KTP, SIM, atau kartu pelajar) dan membayar Rp 100.000. kemudian leher kita akan dicap gitu, cap sensorik, sebagai penanda bahwa kita adalah penonton theater.

Sembari menunggu jadwal show yang akan dimulai satu jam lagi, kami makan siang dulu di Food Hall F(5), lumayan agak mahal sih makan disini. Gak terasa sudah satu jam duduk dan makan disini, akhirnya jam meunjukkan pukul 13.3 WIB, kami pun muju F(4) untuk antrian masuk theater.

Antrian masuk theater ini namanya bingo.Jadi di tiket masuk kan ada nomornya, jadi nmor itu diundi, siapa yang nomornya dipanggil lebih dulu dia bisa masuk pertama, begitu seterusnya.

Saya dan adik saya duduk bersebelahan di row ke-4. Selits yan kami tonton ini adalah setlis Boku No Taiyou dari tim K3. Lagu dimuai dari judul lagu Dream Girls kemudian dilanjutan Run Run Run dan seterusnya. Saya gak hapal apa-apa aja judul lagunya.

Dari sekian banyak member yang tampil di setlist ini, saya hanya kenal dengan 2 orang, yaitu Yupi dan Naomi. Selebihnya tidak kenal. Untung saja ada sesi perkenalan diri, jadi saya tau beberapa diantara mereka.

Menurut saya perform mereka di thater sangat enejik dan powerful. Ditambah lagi fanservice yang diberikan terutama saat mereka tampil diatas panggung membuat kami begitu terpesona. Fansevice ini misanya tatapan mata, kedipan mata, senuman, dan lainnya .Apalagi lagu-lagunya enak didengar, jadi merasa worth-lah menonton mereka peform.

Oh iya, selain menyanyi ada juga sesi MC. Sesi ini bisa dibilang "sesi istiahat" dari menyanyi. Jadi saat sesi ini mereka akan menjawab berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang saya ingat dari sesi MC ini salah satunya adalah "rumah seperti apa yang mejadi impian member?" ada yang menjawab rmah di tei pantai, ada yan menjawab dengan ornamen tertentu macam-macamlah pokoknya jawaban mereka.

Saat perform mereka berakhir, saat akan keluar theater, ada sesi handshake. Jadi fans bisa bersalaman dengan member, hanya bebeapa detik aja, ya tenu saja gak bisa untuk ngobrol.

Itulah pengalaman saya dan adik saya nonton theaer, cukup lacarlah tanpa hambatan berarti.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar